ARTI TASAWUF




Asal kata Tasawuf ada beberapa teori yang menyatakan antara lain:

a)      Berasal dari kata shafw,artinya bersih atau Shafaa.
b)      Beraasal dari kata Shuffah,Yaitu suatu kamar disamping masjid Rasullullah dikota Madinah.
c)      Berasal dari kata Shaff,yaitu barisan di kala sembahyang shalat
d)     Berasal dari kata Shaufanah, yaitu sejenis buah buaahan yang kecil berbulu dan banyak tumbuh di padang pasir dimana bahan baju kaum sufi berbulu seperti buah itu,dalam kesederhanaanya.
e)      Berasal dari kata Suf (kain Wol).dalam sejaarah sufi para orang sufi meninggalkan kemewahannya dan memakai kain wol yang kasar ,hal ini menunnjukkan kesederhanaan yang melambangkan jauhnya dari dunia.

Diantaara semua pendapat itu,pendapat dua yang ter akhir (Shaufanah dan suf)yang banyak diterima sebagai asal kata sufi. JadiSufi adalah oaring yang menjauhkan diri dari dunia materi dan memusatkan perhatian pada alam rohani.Tashawwafa arrajulu:Qad shaara arrajulu Shuufan. Yang artinya seorang laki-laki yang telah metasa wuf.Maksudnya telah berpindah dari kehidupan biasa ke dunia sufi.Dahulu pakaian para sufi dengan hamper-hampir menyerupaikain Goni dalam kesederhanaanya. Maksudnya,membuang pakaian yang sebelumnya mewah ke pakaian yang penuh kesederhanaan.

Kesimpulan asal katayang terdekat adalhshuufun atau bulu.tashifiatul quluub,artinya membersihkan atau menggosok hati, sedangkan orangnya sendiri bernama sufi.
Previous
Next Post »
0 Komentar